Handphone Alat Komunikasi Masa Kini

Handphone atau disebut juga telepon genggam adalah alat komunikasi yang paling di gemari saat ini. Handphone merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat di bawa kemana-mana dan tidak perlu dis-ambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel.

Handphone alat komunikasi ini memudahkan kita dalam berkomunikasi secara langsung tanpa tanpa harus bertahap muka. Teknologi ini telah menggeser fungsi surat telegram sebagai alat komunikasi bagi mereka yang bertempat tinggal saling berjauhan.

Yang membedakan handphone dengan telepon kabel adalah handphone telah di mengaktualisasi SMS (Sport Message Service) yaitu sebagai pelayanan yang di berikan untuk berkirim pesan teks secara elektronik dan dapat di bawa kemana saja dengan mudah karena tidak membutuhkan kabel listrik. Sekarang ini handphone berkembang dengan di lengkapi internet, kamera digital, video digital, memutar musik digital dan fasilitas canggih lainnya.

Perkembangan teknologi komunikasi ini tidak lepas dari pengaruh yang di timbulkan oleh arus globalisasi dunia yamg makin gencar masuk kedalam kehidupan kita. Sekarang ini sangat mudah bagi kita untuk mengakses berbagai macam informasi baik dari dalam negeri maupun luar ngeri. Pada awalnya alat komunikasi  handphone ini hanya di gunakan oleh kalangan  tertentu yang mampu membelinya, karena harganya yang mahal. Namun kini kita dapat temukan dengan mudah orang yang mempunyai handphone, bahkan saat ini telah tersedia handphone yang dilengkapi internet degan berbagai bentuk dan merek dari yang paling murah  sampai yang paling mahal di toko-toko gadget. Tidak hanya di kalangan orang dewasa, anak-anak dewasa ini telah di pegang handphone yang tidak kalah canggih oleh orang tua mereka.

Orang dahulu surat atau telegram untuk berkomunikasi untuk orang yang berada jauh darinya dan kemungkinan surat  itu akan sampai kerangan  penerima beberapa hari kemudian. Namun dengan adanya  telepon genggam cukup  mengetik SMS menganekakan tombol “sen” maka tanpa menunggu lama pesan  akan sampai pada penerima beberapa detik kemudian. Alasan ini mengapa handphone telah menggeser fungsi surat dan telegram sebagai alat komunikasi jarak jauh.

Selain mudah dan cepat, mengapa handphone untuk berkirim pesan relatif lebih murah. Dampak yang di timbulkan tidak selai positif, banyak juga dampak negatif yang di timbulkan oleh alat komunikasi ini salah satunya mengurangi kemampuan interaksi sosial masyarakat. Dengan adanya handphone, masyarakat tidak perlu saling beratap muka sama lain secara langsung untuk membicarakan sesuatu karena hanya dengan menelpon atau mengirim asa mereka sudah dapat bercakap-cakap sehingga menimbulkan rasa malas untuk berasosiasi dengan orang lain dan lingkungan sekitar. Dampak negatif dengan semakin canggihnya aplikasi dalam handphone memudahkan orang untuk mengakses berbagai bentuk informasi baik positif maupun negatif sehingga mengurangi nilai-nilai dalam masyarakat.

Fungsi Dan Fitur

Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, Handphone juga mempunyai fungsi pengiriman dan menerima pesan singkat. Ada juga penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga dengan menambah jasa video phone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Sekang telepon genggam menjadi gadget yang multi fungsi. Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini handphone juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak memutar audio, dan dan video kamera digital, game, dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G).