Anda Harus Tahu Pengertian Penting Keselamatan Saat Kerja

  • Whatsapp
Pengertian Penting Keselamatan Saat Kerja

Keselamatan tempat kerja mengacu pada lingkungan kerja di perusahaan dan meliputi semua faktor yang memengaruhi keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan karyawan. Termasuk juga bahaya lingkungan, kondisi atau proses kerja yang tidak aman, penyalahgunaan narkoba dan alkohol, dan kekerasan di tempat kerja. Maka dari itu Anda harus memahami Pengertian Penting Keselamatan Saat Kerja dibawah ini:

UMKM juga perlu keselamatan kerja

Sebagian besar pemilik usaha kecil mengambil langkah untuk mencoba dan memastikan bahwa tempat kerja mereka aman karena bagaimanapun juga mereka memiliki pegawai yang harus dilindungi. Selain menjadi hal yang benar untuk dilakukan, perusahaan kecil biasanya menyadari bahwa banyak manfaat yang bisa diperoleh dari lingkungan kerja yang aman. Perhatian terhadap masalah keselamatan tidak hanya membantu bisnis menghindari hukuman, tetapi juga meningkatkan moral, produktivitas, dan retensi karyawan.

Selain itu, program keselamatan tempat kerja yang efektif sering kali memiliki dampak yang bagus pada kinerja keuangan perusahaan. Selain manfaat tersembunyi dalam retensi dan produktivitas yang sejalan dengan program semacam itu, bisnis yang dipersenjatai dengan kebijakan dan catatan keselamatan tempat kerja akan mendapat manfaat besar di bidang asuransi. Premi kompensasi pekerja dan pemberi kerja didasarkan pada beberapa faktor. Seperti penggajian, klasifikasi karyawan berdasarkan jenis pekerjaan, dan riwayat kecelakaan perusahaan.

Ruang lingkup keselamatan kerja

Program keselamatan tempat kerja dapat memiliki berbagai bentuk dan mencakup banyak area yang menjadi perhatian. Berbagai tindakan yang diambil oleh perusahaan untuk memaksimalkan keselamatan lingkungan kerja yang mereka ciptakan bervariasi dan meliputi:

  1. Menyediakan peralatan keamanan pribadi
  2. Memasang kontrol peralatan
  3. Membuat dan menyebarluaskan manual book operasional
  4. Menetapkan dan menegakkan kebijakan penanganan bahan berbahaya
  5. Mengadopsi program pengujian narkoba dan alkohol
  6. Menawarkan layanan konseling karyawan
  7. Menerapkan program pelatihan keselamatan.
  8. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan kecil saat menerapkan atau memperbarui program keselamatan kerja.

Manajer dan Komite Keselamatan

Salah satu metode yang telah berhasil dilakukan banyak perusahaan adalah dengan menunjuk satu orang dalam organisasi sebagai koordinator keselamatan. Kandidat yang ideal memiliki latar belakang keselamatan, tetapi jika tidak ada yang cocok dengan profil itu, maka pilihlah kandidat yang paling berkaitan dengan pekerja dan manajemen, memiliki keterampilan komunikasi yang kuat, dan memiliki minat serta komitmen terhadap keselamatan. Pihak yang bertanggungjawab akan hal ini adalah manajer K3.

Agar manajer K3 melakukan tugasnya dengan baik dia harus memiliki akses langsung ke manajer puncak di perusahaan. Tanpa dukungan manajemen, inisiatif keselamatan tidak akan bertahan lama. Manajer juga harus memiliki akses ke setiap departemen dan area kerja, dan harus dapat mempertanyakan orang secara bebas untuk tujuan mengumpulkan informasi. Laporan status reguler harus disiapkan yang memperbarui manajemen pada inisiatif keselamatan saat ini dan mengidentifikasi area yang masih perlu perbaikan.

Manajer K3 harus berusaha untuk melibatkan semua karyawan dan manajer dalam membangun keselamatan kerja yang mandiri. Mereka harus aktif berinisiatif agar jauh dari risiko berbahaya saat menunaikan tugas. Inspeksi harus dilakukan oleh personel setiap departemen, bukan hanay manajer K3. Nyatanya pada beberapa perusahaan, manajer harus membiarkan setiap departemen menangani sebagian besar masalah keselamatannya sendiri — jika pelatihan yang tepat telah diberikan kepada semua karyawan, manajer keselamatan hanya perlu menangani masalah serius yang membutuhkan pengetahuan dan otoritasnya.

Jika perusahaan tidak memiliki faktor produksi, sebenarnya tidak masalah jika tidak memiliki manajer K3 tapi mereka harus berkonsultasi kepada vendor untuk memastikan keamanan kantor. Berkonsultasi secara berkala juga penting untuk memastikan kondisi kantor dan tempat kerja.

Related posts