Hampir semua orang Indonesia pastinya sudah sangat akrab dengan nasi putih. Bagaimana tidak, makanan yang satu ini termasuk pada makanan pokok di Indonesia yang tidak boleh terlewat. Bahkan, apapun makanannya, nasi harus tetap disajikan. Apalagi ketika perut sedang merasa sangat lapar, nasi seolah-olah menjadi penyelamat yang paling utama. Namun siapa sangka, nasi yang kita kenal karena karbohidratnya ini punya banyak fakta unik, lho! Apa sajakah itu?

  1. Penambah Tenaga

Bukan hal yang tanpa sengaja ketika banyak masyarakat yang merasa kelelahan jika belum memakan nasi. Rupanya, hal tersebut memang sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli medis. Seperti yang diketahui, nasi memiliki kandungan karbohidrat yang sangat banyak. Meskipun begitu, jenis karbohidrat dari nasi adalah tepung bukan serat.

Itulah kenapa, nasi sangat mudah sekali dicerna oleh tubuh yang kemudian menghasilkan glukosa. Glukosa inilah yang nantinya akan diedarkan ke seluruh tubuh sebagai sumber energi. Tak heran, saat kita sudah makan nasi putih, badan akan kembali bertenaga untuk melakukan aktivitas lainnya.

  1. Bebas Lemak juga Gluten

Selain kaya dengan karbohidrat, fakta unik dari nasi adalah secara alami terbebas dari kandungan gluten dan juga lemak. Pada dasarnya, gluten mempunyai beberapa efek samping yang cukup membahayakan apalagi jika dikonsumsi oleh orang dengan kondisi tertentu. Seperti misalnya orang dengan gangguan autoimun Celiac. Di mana penderitanya harus terbebas dari makanan yang mengandung gluten.

Jika dikonsumsi, nantinya bisa menyebabkan peradangan usus dan memicu kekambuhan. Tak hanya bebas gluten, nasi putih pun rupanya nyaris tidak mempunyai lemak. Dengan begitu, bagus sekali untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menghindari lemak.

  1. Memicu Alergi

Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa nasi sering dijadikan sebagai makanan pokok. Hampir semua orang tentu akan menyukainya sebab sudah terbiasa untuk mengonsumsinya. Meskipun begitu, fakta di lapangan sendiri pun masih banyak ditemukan masyarakat Indonesia yang tidak menyukai nasi. Entah itu murni karena tidak suka, trauma bentuk atau rasa, hingga bisa juga karena alergi.

Siapa sangka, nasi putih pun bisa menyebabkan alergi. Khususnya bagi orang-orang yang mempunyai masalah peradangan pada bagian usus kecil dan usus besarnya. Ketika penderita mengonsumsi nasi, kemungkinan bisa memicu gejala diare hingga muntah-muntah. Bahkan orang dengan masalah alergi jagung pun bisa menjadi alergi juga terhadap nasi.

  1. Nasi Putih Vs Nasi Merah

Banyak masyarakat menganggap bahwa nasi merah mempunyai kandungan nutrisi yang lebih sehat jika dibandingkan dengan nasi yang berwarna putih itu. Meskipun keduanya berasal dari sumber yang sama, namun keduanya punya bentuk dan kandungan yang berbeda. Pada dasarnya, nasi merah cenderung masih punya bagian ‘kulit’ yang tidak lain lapisan warna merah tersebut sehingga membuat kaya akan nutrisi dan serat.

Sementara nasi putih, hanyalah ada bagian endospermanya saja. Bahkan setelahnya diproses kembali untuk mengawetkan penyimpanan atau menambah citarasa. Tak heran, kandungan nutsri yang di dalamnya terkesan kosong. Meskipun begitu, nasi yang putih pun masih punya banyak kelebihan. Apalagi jika dikombinasikan dengan jenis makanan lain yang tepat.

Selain itu, fakta unik lainnya dari nasi adalah sifatnya yang ringan untuk pencernaan sehingga lebih mudah diproses. Dengan begitu, proses pencernaan nasi tidak akan memberatkan kinerja lambung. Sehingga nasi bisa dijadikan pilihan ketika Anda sedang mengalami gangguan pencernaan.

Nah, itulah beberapa fakta unik dari nasi putih. Anda juga bisa mendapatkan informasi unik dan penting lainnya melalui aplikasi Halodoc. Dapatkan informasi dan petunjuk masalah kesehatan dengan ahlinya langsung tanpa ribet. Cukup gunakan ponsel pinta, chat atau video call dokter ahli, konsultasikan masalah Anda, dan dapatkan solusinya!