Mengenal Jenis-jenis Telur Ayam

  • Whatsapp
Jenis-jenis Telur Ayam

Telur ayam adalah salah satu bahan pangan yang banyak dikonsumsi masyakarat sehari hari karena rasanya gurih dan harganya juga terjangkau.

Telur ayam juga jadi sumber gizi untuk tubuh. Mengandung banyak vitamin dan nutrisi lainya. Setidaknya ada 11 kandungan telur ayam yang baik untuk tubuh. Yakni, vitamin E, D, B2, fosfor, yodium, zat besi dan folat.

Jenis Jenis Telur Ayam

Ternyata, jenis telur ayam tidak hanya satu, terdiri dari beberapa jenis berbeda. Sehingga warna cangkang, sampai dengan kandungan gizinya juga bisa berbeda tiap jenis. Berikut jenis jenis telur ayam yang perlu diketahui.

Telur Ayam Dalam Negeri

Telur ayam negeri cukup populer di Indonesia. Warna cangkang telur ini agak coklat dan permukaanya agak kasar saat dipegang.

Sedangkan warna kuning telurnya cerah. Sementara bagian putihnya agak encer sebab kandungan airnya lumayan tinggi.

Untuk kandungan gizi telur ayam dalam negeri sebagai berikut. Satu butir mengandung 13,5 gram protein, 160 kalori, 10 gram lemak dan 1 gram karbohidrat.

Telur ayam kampung

Jenis telur lainya ada telur ayam kampung, juga tak kalah populer dari jenis telur dalam negeri. Umumnya, ukuran telur ayam kampung lebih kecil dari telur ayam dalam negeri, rata rata beratnya sekitar 27-56 gram saja.

Warna cangkangnya putih agak krem. Permukaan cangkang lebih halus dan bagian kuning telur warnanya lebih oranye.  Bagian putih telur ayam kampung agak kental sebab rendah kadar air dan lebih padat saat direbus.

Terkait nutrisinya, pada 100 gram telur ayam terkandung sebanyak 10 gram lemak, 13 gram protein, 1,5 gram karbohidrat dsn 150 kalori. Sedangkan vitamin E di telur ayam kampung lebih banyak dua kalilipat dibanding telur ayam dalam negeri.

Telur omega 3

Telur omega 3 juga termasuk jenis telur yang cukup dikenal. Di dalamnya terdapat kandungan asam lemak (omega 3) dengan jumlah lebih banyak dari telur lainya. Hal ini membuat telur omega 3 harga jualnya bisa lebih mahal.

Warna dan tekstur cangkangnya hampir sama dengan cangkang telur ayam pada umumnya. Yang membedakanya dari telur ayam biasa adalah putih dan kuning telurnya.

Warna kuning telur omega 3 cenderung oranye kekuningan. Sedangkan bagian putihnya lebih kental lantaran kadar air rendah.

Telur ayam organik

Jenis telur ayam selanjutnya ada telur ayam organik. Ini dihasilkan dari ternak ayam organik, yakni ayam diberi paoan khusus tanpa bahan kimia.

Perawatan ayam secara organik cukup rumit maka tak heran harga telurnya bisa lebih mahal. Ciri telur ayam organik hampir sama dengan telur ayam lainnya.

Baguan cangkangnya mirip cangkang telur ayam biasa. warna kuning telurnya cendering oranye. Telur ini juga biasanya dijual dengan label tertentu seperti ada stiker sertifikasi di kemasanya.

Kandungan protein telur ayam organik lebih tinggi dari telur ayam biasa. Ini dipengaruhi oleh jenis nutrisi pakan ayam organik yang berbeda dari pakan ayam biasa. Rasa telur organik lebih berlemak dan lezat.

Itulah jenis jenis telur ayam. Anda bisa memilih jenis telur sesuai kebutuhan anda di Tanihub. Tanihub adalah paltfom yang tepat untuk membeli berbagai jenis telur ayam lengkap secara online. Aplikasinya bisa diunduh di playstore.

Selain aneka telur, tersedia hampir seribu produk hasil peternakan dan pertanian di Tanihub yang bisa anda pesan dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Related posts