Sumber: otosia.com

Saat ini sepeda motor menjadi kendaraan yang banyak digandrungi oleh masyarakat sebagai sarana untuk transportasi pendukung kegiatan harian. Mengendarai sepeda motor memang terbilang lebih praktis dan lebih cepat sampai tujuan karena kemampuan bermanuvernya yang bisa menyusuri jalan sempit hingga jalan penuh dengan kendaraan. Kemudahan dalam penggunaan dan garansi yang begitu minim pun menjadi faktor lain yang membuat sepeda motor banyak diminati oleh masyarakat saat ini.

Namun, ada salah satu hal yang kadang sering dilakukan oleh para pengguna kendaraan roda dua tersebut yaitu membiarkan sepeda motor tanpa aki karena berbagai alasan. Padahal, dengan  kondisi seperti itu ada beberapa dampak negatif yang bisa timbul pada motor tanpa aki. Apa saja efek samping yang dialami jika motor tidak menggunakan aki? Simak ulasannya berikut ini.

  • Ketika Menyalakan Mesin Akan Sulit

Ketika Menyalakan Mesin Akan Sulit 

Sumber: otosia.com

Biasanya untuk menyalakan motor kita harus menekan tombol start pada stang kemudian mesin bisa menyala dan siap untuk digeber. Tapi, sistem elektrik pada starter ini membutuhkan sebuah tenaga listrik. Tenaga listrik yang digunakan pun hanya ada di aki atau baterai. Berarti ketika motor tidak menggunakan aki, maka kamu tidak bisa memakai fitur elektrik starter. Itu tandanya, kamu perlu memakai kick starter ketika ingin menyalakan mesin motor. Menggunakan kick starter untuk menyalakan mesin juga tidak begitu sulit jika motornya bebek. Namun, kalau motornya matik baru akan terasa rumit.

  • Lampu Sein Motor Tidak Berkedip

Lampu Sein Motor Tidak Berkedip 

Sumber: otomoto.id

Mungkin kamu pernah melihat lampu sein motor yang berkedip cepat atau tidak berkedip sama sekali?  Itu biasanya dikarenakan oleh tegangan listrik yang diterima kurang sehingga menyebabkan flasher yang bekerja mengedipkan jadi tidak maksimal performanya. Tegangan listrik yang berkurang bisa disebabkan oleh RPM mesin yang rendah dan membuat tegangan listrik yang diterima oleh spul juga menjadi rendah. Kalau motor memakai aki, hal ini tentu bisa diantisipasi. Namun, lain halnya jika motor tidak ada aki karena lampu sein akan hidup terus tanpa adanya kedipan, kecuali pas motor di gas ketika berbelok.

  • Perangkat Kelistrikan Jadi Tidak Stabil

Perangkat Kelistrikan Jadi Tidak Stabil 

Sumber: carmudi.com

Sistem pada kelistrikan biasanya akan tetap menyala saat aki dicopot karena hampir semua pabrikan motor sudah men-setting otomatis supaya spul bisa mengalirkan arus ke komponen kiprok. Kemudian kiprok tersebut akan melanjutkannya ke lampu dan CDI. Meskipun sistem kelistrikan pada motor tetap bisa berfungsi, tapi kinerjanya tidak akan stabil dan akan tergantung kualitasnya ke putaran motor.

  • Kurangnya Tenaga Motor

Kurangnya Tenaga Motor

Sumber: suara.com

Kondisi pada komponen CDI dan spul yang bermasalah adalah salah satu penyebab yang membuat motor menjadi kurang tenaga. Dengan adanya masalah komponen CDI dan spul ini bisa mengakibatkan proses pembakaran pada mesin motor menjadi tidak berjalan dengan baik sehingga motor menjadi kurang tenaga walaupun gas ditarik dengan maksimal.

  • Bohlam Lampu Cepat Putus

Bohlam Lampu Cepat Putus

Sumber: dream.co.id

Efek samping berikutnya dari motor yang tidak ada aki berhubungan dengan poin sebelumnya yang membuat arus listrik menjadi tidak stabil. Nah, arus listrik yang tidak stabil ini dikarenakan oleh ketidak adanya aki yang bekerja sebagai pengatur arus. Sehingga aliran listrik yang diterima lampu bohlam pun menjadi naik turun dan membuat kinerja bohlam menjadi tidak maksimal. Jika kondisi ini terus berlangsung, maka bohlam bisa putus atau mati bahkan sampai pecah. Walaupun bohlam menjadi salah satu sparepart motor yang sering rusak, akan tetapi dengan tidak hadirnya aki motor Beat, kerusakan bohlam bisa lebih cepat dari perkiraan waktu.

Sekian pembahasan tentang efek samping yang diperoleh jika motor tidak menggunakan aki. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan kalian tentang dampak negatif yang diperoleh oleh motor tanpa aki. Baca juga Inilah Beragam Manfaat Memiliki Aplikasi Tanya Dokter Online.