Cairan adalah salah satu komponen penting yang sangat penting sekali dan dibutuhkan oleh tubuh. Untuk memenuhi asupan cairan tubuh, Kamu dapat menyiasatinya dengan rutin minum air putih secara teratur dengan jumlah yang cukup. Meski demikian, terdapat aturan minum air putih yang perlu Kamu ketahui.

Karena apabila, kekurangan maupun kelebihan asupan air putih, sama-sama dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Mari simak dan terapkan aturan minum air putih berikut ini, demi tubuh yang senantiasa sehat. Dan kalian juga bisa lihat aplikasi tentang kesehatan yaitu SehatQ.com.

Aturan minum air putih yang mungkin belum Kamu ketahui

Kamu mungkin terbiasa mendengar anjuran untuk mengonsumsi minimal 8 gelas air per hari. Padahal, aturannya tidak seperti itu, lho. Jadi, seperti apa aturan minum putih yang sebaiknya dijalankan, untuk menjaga kesehatan tubuh?

Bukan 8 gelas per hari:

Tak banyak yang menyadari, aturan populer soal minum air putih 8 gelas per hari tidak mempunyai bukti ilmiah yang kuat. Justru aturan minum air putih yang tepat menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board adalah 2,7 liter per hari bagi wanita. Dengan itu, pria membutuhkan 3,7 liter air putih setiap hari.

Minum air putih setelah bangun tidur:

Aturan selanjutnya adalah minum air putih setiap bangun tidur Kamu sebaiknya mengonsumsi 1-2 gelas air putih setiap harinya, sesudah bangun.

Minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu mengisi ulang kembali cairan yang hilang ketika Kamu terlelap selama 7-8 jam. Hal ini, dengan minum air putih setelah bangun tidur juga bisa  membantu proses metabolisme tubuh serta membuang racun dari dalam tubuh dan obat.

Minum air putih sebelum makan:

Minum air putih sekitar tiga puluh menit sebelum makan dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Namun, jumlahnya juga perlu diperhatikan. Kamu cukup minum 1 gelas. Sebab, kadar air putih yang berlebihan, dapat mengganggu proses pelarutan makanan dan fungsi enzim yang diperlukan saluran pencernaan dalam mencerna makanan.

Minum air putih ketika merasa lelah:

Lebih dari 60% fungsi tubuh bergantung pada air, tak terkecuali otak dan sistem saraf. Kekurangan air dapat menyebabkan tubuh mengalami kelelahan, kehilangan konsentrasi, sakit kepala, depresi, kesulitan tidur dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Untuk mengatasinya, biasakanlah untuk selalu minum air putih ketika merasa lelah.

Minum air putih sebelum dan sesudah berolahraga:

Salah satu kegiatan yang dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan cairan adalah berolahraga. karena pada saat berolahraga, banyak cairan di dalam tubuh yang dikeluarkan melalui keringat.

Maka dari itu, untuk mencegah dehidrasi dan meningkatkan kekuatan otot tubuh, Kamu sangat disarankan minum air putih sebelum dan sesudah berolahraga.

Minum air putih sebelum tidur:

Setelah lelah menjalani aktivitas sepanjang hari, Kamu juga disarankan minum air putih sebelum tidur. Langkah sederhana ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Dengan demikian, tidur pun menjadi lebih nyenyak.

Minum air putih ketika sakit:

Aturan lainnya adalah untuk minum air putih ketika sakit. Perlu kalian ketahui, air putih dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh yang diperlukan ketika sakit.

Tidak minum air putih berlebihan:

Jika kekurangan cairan dapat mengganggu fungsi organ tubuh, kelebihan cairan atau overhidrasi juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Overhidrasi terjadi akibat tubuh mengalami keracunan air atau hiponatremia.