Mungkin memesan tiket ketika sedang promo, adalah salah satu langkah yang selalu Anda lakukan, untuk memperoleh harga tiket pesawat murah. Namun yang menjadi masalah adalah, cari tiket pesawat promo seperti ini sulit untuk dilakukan. Sebenarnya ada beberapa hal lain, yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh harga tiket pesawat murah, tanpa harus menunggu promo, seperti:

  1. Memilih waktu terbang

Hal pertama yang tentunya harus Anda lakukan untuk cari tiket pesawat murah adalah pintar memilih waktu terbang. Maksudnya Anda dalam hal ini harus pandai dalam memilih kapan waktu yang tepat untuk menggunakan pesawat. Akhir pekan, waktu liburan, atau hari-hari sibuk perjalanan bisnis, adalah sebuah kondisi dimana harga tiket jadi sedikit lebih mahal. Selain itu, harga tiket di hari senin juga biasanya sedikit lebih mahal, karena pada hari tersebut, banyak sekali pebisnis yang melakukan perjalanan bisnisnya.

Selain memilih hari yang tepat, Anda juga sebaiknya pandai dalam memilih waktu yang tepat. Pilih jam yang tidak sibuk, untuk memperoleh harga tiket pesawat murah. Sebaiknya pilih jam penerbangan yang paling awal, atau di pagi hari atau pada malam hari. Karena pada waktu siang hari, biasanya sudah termasuk jam sibuk.

  1. Jadi member salah satu maskapai penerbangan

Adapun cari tiket pesawat yang kedua adalah dengan menjadi member dari salah satu atau bahkan beberapa maskapai penerbangan yang ada. Biasanya pihak maskapai penerbangan akan memberikan promo pada anggota atau member maskapai tersebut. Kesempatan seperti ini tentu sayang untuk dilewatkan.

Sistem keanggotaan seperti ini biasanya dimiliki oleh hampir semua maskapai penerbangan. Hal ini dilakukan untuk tetap mempertahankan konsumennya. Sedangkan untuk konsumen, menjadi member dari salah satu maskapai yang ada, juga akan memberikan beberapa keuntungan. Selain adanya promo tiket pesawat murah, ada juga fasilitas lainnya, seperti poin reward yang dapat dikumpulkan, untuk kemudian ditukarkan dengan reward lainnya.

  1. Memanfaatkan tiket transit

Adapun cara lain, untuk memperoleh harga tiket pesawat murah, adalah dengan memanfaatkan tiket transit. Khususnya untuk Anda yang terbang dengan tujuan yang jauh, biasanya harga tiket yang harus dibayar cukup mahal. Kondisi seperti ini wajar saja, karena ketika Anda melakukan transit, Anda harus menunggu di ruang tunggu dengan jangka waktu lama, untuk kemudian berangkat lagi. Akan tetapi harga untuk tiket transit ini jauh lebih murah dibandingkan tiket langsung.

Yang dimaksud dengan tiket transit sendiri adalah tiket dimana Anda akan melakukan transit ke salah satu kota atau negara, sebelum akhirnya tiba di kota atau negara tujuan. Sedikit tips untuk Anda dalam memilih tiket seperti ini, adalah dengan membeli tiket dari 1 kota ke kota lainnya, atau satu negara ke negara lainnya, sebelum akhirnya membeli tiket lain untuk sampai ke kota atau negara tujuan. Dengan melakukan teknik seperti ini, biasanya harga tiketnya jauh lebih murah.

  1. Beli tiket berangkat dulu

Biasanya membeli tiket pesawat pulang pergi sedikit sulit. Entah itu tiket pesawat keberangkatan yang harganya mahal atau sebaliknya. Jadi cari tiket pesawat yang dapat Anda lakukan adalah dengan membeli tiket berangkat dulu, baru cari tiket pesawat pulang. Terutama untuk Anda yang ingin melakkan kegiatan traveling, kegiatan seperti ini dapat dilakukan dengan mudah. Menggunakan teknik seperti ini, juga membuat Anda mudah, mencari dan memperoleh harga tiket murah.

  1. Perhatikan tujuan Anda

Sebelum Anda mencari tiket pesawat, Anda juga perlu memperhatikan tujuan kali ini. Beberapa daerah tujuan, biasanya mempunyai harga tiket yang jauh berbeda. Misalnya saja tujuan ke Jakarta, Bali, atau daerah lainnya. Terutama daerah dengan tujuan wisata terbanyak, biasanya harga tiketnya sedikit lebih mahal. Lain halnya dengan daerah yang bukan daerah tujuan wisata utama, biasanya harga tiketnya jauh lebih murah.

Salah satu tips yang dapat Anda lakukan, untuk mengatasi hal seperti ini adalah dengan membeli tiket pesawat dari jauh-jauh hari, misalnya 90 hari atau bahkan 150 hari sebelum keberangkatan. Dengan membeli jauh-jauh hari, Anda akan terbebas dari harga jadwal padat seperti musim liburan, liburan akhir tahun, dll.

  1. Perhatikan tren promo maskapai

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk cari tiket pesawat, adalah dengan memperhatikan tren promo maskapai. Cara mendapatkan trend promo ini cukup mudah. Anda dapat mengikuti informasi berbagai maskapai penerbangan dari website resmi atau mengikuti akun media sosial yang dimiliki oleh maskapai itu sendiri. Dengan menghubungkan akun sosial media yang Anda miliki dengan akun sosial media dari phak maskapai penerbangan. Atau Anda dapat mengikuti newsletter yang ada, maka Anda akan memperoleh berbagai informasi tentang maskapai tersebut. mulai dari promo tiket pesawat dan hal lainnya.

  1. Mengetahui harga rata-rata tiket pesawat

Dengan mengikuti akun sosial media atau mendaftar jadi anggota salah satu maskapai, secara tidak langsung Anda akan mengetahui harga rata-rata tiket pesawat ke lokasi tujuan tertentu. Dengan demikian, Anda dapat mempelajari harga rata-rata tiket pesawat yang ada, kapan harga tiket pesawat tersebut turun dan kapan harga tiket pesawat naik. Dengan membuat kalkulasi harga seperti ini, Anda dapat menentukan dengan mudah, kapan waktu terbaik untuk pergi ke daerah tujuan dengan harga tiket pesawat yang murah.

  1. Booking menggunakan agen travel online

Selain mencari informasi melalui maskapai penerbangan secara langsung. Cari tiket pesawat juga dapat Anda lakukan dengan bekerja sama pihak travel agent online. Saat ini ada cukup banyak agen seperti ini. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mendownload aplikasi travel agent tersebut, kemudian mencari harga tiket pesawat yang dimaksud. Selebihnya membeli atau membooking tiket pesawat, dari aplikasi tersebut.

Ada keuntungan lain yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan aplikasi seperti ini. Anda dapat dengan mudah membandingkan harga tiket pesawat, dari beberapa maskapai yang ada ke daerah tujuan yang sama.

Selain itu, pihak travel agent seperti ini, juga biasanya mempunyai jadwal tiket yang berbeda-beda. Tentunya ini akan memberikan keleluasaan Anda dalam memilih tiket yang paling tepat.

  1. Memilih bandara sekunder

Yang tidak banyak orang ketahui, dalam mencari tiket pesawat murah adalah, dengan memilih bandara sekunder. Di beberapa kota besar di dunia, ada yang memiliki 2 buah bandara dalam 1 kota. Contohnya saja Jakarta, selain memiliki bandara Soekarno Hatta sebagai bandara utama, juga ada bandara Halim Perdana Kusuma sebagai bandara sekunder. Kelebihan bandara sekunder adalah harga sewa pendaratan dan penerbangan yang jauh lebih murah, jika dibandingkan bandara utama. Secara tidak langsung, hal ini, mempengaruhi harga tiket pesawat itu sendiri.

  1. Jangan memborong tiket

Terutama untuk Anda yang ingin bepergian bersama teman-teman. Sebaiknya jangan membeli tiket secara langsung, biasanya harga tiket yang ada jadi jauh lebih mahal. Sebaiknya buka browser yang ada menjadi beberapa window. Sehingga harga tiket yang ada sama semua. Berikutnya Anda dapat mengisi berbagai biodata yang diperlukan secara 1 per satu. Dengan demikian harga tiket pesawat sama semua, dan yang pasti lebih murah.